Tugas : higiene dan sanitasi kebersihan diri dan lingkungan



Download 18.57 Kb.
Sana07.02.2017
Hajmi18.57 Kb.
NAMA : ILYA ANNISA

NIM : 5401411043

TUGAS : HIGIENE DAN SANITASI

KEBERSIHAN DIRI DAN LINGKUNGAN

Annadzhafatu Minal Iman atau Kebersihan Sebagian dari Iman merupakan mutiara kata mulia yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Dari ungkapan itu terkandung makna bahwa menjaga kebersihan merupakan bukti atau buah keimanan seorang muslim.

Kandungan hadist diatas menyatakan perintah untuk menjaga kebersihan karena Allah mencintai kebersihan. Untuk mendapatkan cinta Allah upayakan untuk selalu bersih. Bersih diri, bersih hati.

Kebersihan diri maupun lingkungan merupakan hal yang fundamental, dan tidak terlepas dari kehidupan kita sehari – hari, begitupula kita seringkali diingatkan dengan slogan “Kebersihan sebagian dari pada iman “ yang berarti bahwa kebersihan mencerminkan kekuatan iman seseorang, kembali lagi hal tersebut merupakan hal dasar yang perlu kita pahami dan kita lakukan secara berkesinambungan dari kita lahir sampai kita tutup usia pada nantinya.

Dalam kehidupan sehari – hari kebersihan merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang.Kebersihan itu sendiri sangat dipengaruhi oleh nilai individu dan kebiasaan.Hal –hal yang sangat berpengaruh itu diantaranya kebudayaan, social, keluarga, pendidikan, persepsi seseorang terhadap kesehatan, serta tingkat perkembangan. Jika seseorang sakit, biasanya masalah kebersihan kurang diperhatikan, hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihan adalah masalah sepele, padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi kesehatan secara umum.

Pentingnya kebersihan perorangan dalam keadaan sehat dan sakit, jauh sebelum kemajuan diperleh dalam dunia kedokteran rang sudah menyadari pentingnya kebersihan sehingga sampai sekarang kita selalu akrab dengan slogan “kebersihan pangkal kesehatan” bahkan islam mengatakan “bersih sebagian dari iman”

Benda-benda yang kotor dapat menjadi tempat / media yang baik untuk pertumbuhan suatu mikro organisme tertentu dan dapat menyebabkan suatu penyakit atau ganguan kesehatan kita.Masuknya mikro organisme tersebut dapat secara langsung melalui pintu masuk (part of enter ) bai melalui makanan ataupun minuman juga perantara seperti binatang dan lain-lain.

Orang sehat biasanya dapat menjaga kebersihan dirinya melalui cara-cara yang jelas dianjurkan kepadanya (baik dari keluarga, sekolah dan informasi lainnya). Hanya saja jika pengetahuannya masih minim tentang hal ini tentunya dapat kita informasikan melalui suatu program penyuluhan ataupun pada kesempatan yang kita amggap cepat.

Untuk orang untuk orang yang dedang sakit (mengalami gangguan kesehatan) mungkin perlu mendapatkan bantuan dalam upaya menjaga kebersihan dirinya dikarenakan ketidak mampuan dan kita sebagai perawat yang banyak / lama kontak dengan pasien bertangun jawab akan hal ini. (Gunardi Pome,81-83)

2.Jenis-Jenis Personal Hygiene

a.Kebersihan Kulit

Kondisi kulit tergantung pada praktek hygiene dan paparan iritan lingkungan, sejalan dengan usia, kulit kehilangan layak kenyal di kelembapan.Pada kelenjar sebasea dan keringat menjadi kurang aktif. Epitalium menipis dan serabut kalogen elastis, menyusut, sehiingga kulit mudah pecah.Perubahan ini merupakan peringatanketika bergerak dan mengatur posisi pada manusia. Tujuan dari memberikan kulit dengan mandi yaitu membersihkan kulit, stimulasi sirkulasi, citra diri, pengurangan bau badan dan peningkatan rentang gerak.(Potter dan Perry,2005)

1.Perubahan pada kulit

Faktor ini mmegang peranan penting dalam memelihara kulit, kulit bayi mudah terlika dan terkena infeksi, mereka harus di[erlakukan dan di mandikan dengan hati-hati mencegah luka.

Pada sia aqil baliq (remaja) kulit hendaknya dibersihkan dengan rapid an jangan sampai ada rasa perih untuk membantu mencegah terjadinya peradangan kulit selama aqil baliq sampai kira-kira umur 50 tahun buangan dari kelenjar kulit mencapai maksimum karena itu perlu sering mandi agar badan tidak baud an jangan sampai pemuh daki dan kotoran.

Bertambahnya usia, menbuat kulit makin tipis kurang galastis dan lemas, mulai mincul keriput yang sebagian besar terjdi di dalam dermis karena berkurangnya minyak yang keluar dari kelenjar sebacius.kulit menjadi kusam, bersisik, dannampak kasar namun perubahan kulit karena usia dan alamiah.

2.Membersihkan Kulit

Pada kenyataannya banyak cara untuk membersihkan kulit, namun cara yang paling banyak adalah dipakai untuk membersihkan kulit adalah dengan sabun / detergen dan air, banyak jenis sabun yang beredar di pasaran dan di iklankan dengan begitu menarik.

b.Kebersihan Kuku

Kuku adalah struktur pelengkap kulit, kuku terdiri atas jaringan epithelial. Badan kuku adalah bagian dari yang tampak luar, akarnya terletak dalam kulit dalam lekat (alur) dimana kuku tumbuh dan mendapat makanan, kuku sehat berwarna merah muda dan cembung serta garis lengkungnya rata.

Kuku jari tangan dapat di potong dengan mengikirnya atau dengan batu oval (bujur), memotong kuku jangan sampai terlalu pendek karena dapat melukai kulit selaput dan kulit sekitar kuku. Sewaktu memotong kuku hendaknya direndam terlebih dahulu karena akan memidahkan dalam pemotongan dan mengurangi resiko cidera.(Gunardi Pome, 1997)

Kuku juga sering kali memerlukan perawatan khusus untuk mencegah infeksi, baud an cidera pada jaringan. Perawatan dapat digabungkan pada saat mandi atau pada watu yang terpisah. Masalah yang timbul bukan karena perawatan yang salah atau kurang terhadap kaki dan tangan seperti menggigit kuku atau memotong yang tidak tepat. Pemaparan dengan zat-zat kimia yang tajan dan rangkaian sepatu yang tidak pas, ketidak nyamanan dapat berpengaruh pada stress fisik dan emosional.(Potter dan Perry,2005)

c.Kebersihan Rambut

Rambut merupakan struktur kulit, biasanya rambut mengkilap, tapi tidak berminyak secara berlebihan,kering ataupun rapuh.

Kesehatan yang baik secara menyeluruh penting artinya bagi rambut yang menarik dan seperti halnya kulit. Kebersihan membantu kita utuk memelihara badan supaya menarik,sisir digunakan untuk mengatur rambut tidak sama dengan manfaatnya sikat, sisir yang digunakan janganlah yang tajam karena dapat melukai kulit kepala.

Penampilan dan kesejahteraan seseoramg sering kali tergantung dari cara penampilan dan perasaan mengenai rambutnya. Penyakit atau ketidak mampuan mencegah seseorang untuk memelihara perawatan rambut sehari-hari.Menyikat, menyisir bersampho adalah cara-cara dasar hygienes untuk semua usia. Pertumbuhan , distribusi rambut dapat menjadi indicator status kesehatan umum, perubahan hormonal, stress emsional maupun fisik, penuaan, infeksi dan penyakit tertentu atau obat-obatan dapat mempengaruhi karakteristik rambut. Rambut normal adalah bersih, bercahaya dan tidak kusut,untuk kulit kepala harus bebas dari lesi kehilangan disebabkan karena praktik keperawatan yang tidak tepat atau penggunaan medikasi kemoterpi.

Potter dn Perry (2005), menjelaskan mengenai masalah rambut dan kulit kepala yang sering terjadi , yaitu :



    1. Ketombe

    2. Pediculosis (kutu)

    3. Pediculosis capitis (kutu kepla)

    4. Pediculosis corposis (kutu badan)

    5. Pediculosis pubis (kutu kepiting)

    6. Kehilangan rambut (alopesia)

Potter dan Perry (2005) menjelaskan perawatan rambut dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut :

1. Penyikatan dan Penyisiran

Penyikatan yang sering membantu mempertahankan kebersihan rambut denngan mendistribusikan minyak secara merata sepanjang helai rambut. Penyingkatan dan penyisiran yang menjaga rambut panjang terawatt dan rapi.

2. Bersampho

Frekuensi bersampho tergantung rutinitas pribadi sehari-hari dan kondisi rambut.

3. Pencukuran

Pencukuran rambut yang berada dibagian wajah dapat dilakukan setelah mandi atau bersanpho. Penggunaan krim cukur atau busa sabun akan memperhalus kulit secara efektif.


  1. Kebersihan Mulut Dan Gigi

Kesehatan umun yang baik sama pentingnya dengan kebersihan untuk memelihara mulut dan gigi yang sehat, misalya hubungan antara gigi yang baik dan cukup makanan yang mengandung kalsium dan fospor disamping vitamin D yang perlu bagi tubuh.

Hygiene mulut membantu mempertahankan status kesehatan mulut, gigi, gusi, dan bibir. Mengusut membersihkan gigi dari partikel-partikel makanan, plak, dan bakteri, memasase gusi dan mengurangi ketidak nyamanan yang dihasilkan dari baud an rasa yang tidak nyaman. Masalah yang besar adalah karies gigi (lubang)dan penyakit periodontal. Karies gigi merupakan masalah mulut paling umum, perkembangan lubang merupakan proses patologi yang melibatkan kerusakan email gigi pada akhirnya melalui kekurangan kalsium.

Kekurangan kalsium adalah hasil dari akumulasi musim, karbohidrat, basilus asam laktat pada saliva yang secara normal ditemukan pada mulut yang membentuk lapisan gigi yang disebut plak. (Potter dan Perry, 2005)

Kesehatan dan kebersihan mulut pula penting artinya bagi orang yang bergigi palsu. Mulut harus dibersihkan sesering mungkin sesuai dengan petunjuk kesehatan dan kebersihan.



  1. Kebersihan Mata

Mata sering kali mencerminkan kesehatan seseorang. Mata yang sehat akan tampak jernih dan bersih dari kotoran mata yang mengandung Lysonyme, yaitu suatu enzim yang melindungi mata dari mikro organisme tertentu, kotoran mata dapat menempel pada bulu mata (mongering dan menjadi keras) disudut mata. Cairan yang dapat dipakai untuk membersihkan mata yaitu air bersih / saline.

  1. kebersihan Hidung

Cara yang paling baik untuk membersihkan hidung adalah dengan mendenguskan (meniupkan udara keluar lubang hidung) secara pelan-pelan. Waktu mendenguskannya kedua lubang hidung harus terbuka. Biila salah satu lubang hidung tertutup ada bahaya masuknya kotoran kedalam pipa eustacmius telinga.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan hidung adalah tidak boleh memasukan air kedalam lubang hidung, hal ini dapat mendorong kotoran benda lain kedalam serambi jantung, supaya tidak terisap-isap, mencegah terjadinya lika pada selaput.

Hidumg memberikan temperature dan kelembapan udara yang pernafasan dihirup serta mencegah masuknya partikel asing kedalam system kumulasi sekresi yang mengeras didalam nares merusak sensasi alfaktori dan pernafasan. (Potter dan Perry,2005)


  1. Kebersihan Telinga

Kecuali membersihkan telinga telinga bagian luar , diperlikan juga upaya untuk menjaga telinga bagian dalam dengan memakaipembersih telinga khusus seperti kapas dan semacamnya. Membersihkan kotoran telinga dengan mempergunakan peniti atau jepit rambut sangat berbahaya karena dapat menusuk gendang telinga.

. Manfaat Personal Hygiene



Menjaga kebersihan bukan hanya untuk terlihat bagus dan menarik tetapi juga untuk menjaga kesehatan kita serta mencegah timbulnya penyakit seperti diare dan kudis (gatal-gatal / penyakit kulit) misalnya

  1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan penting untuk menjaga kebersihan tangan, cuci tangan dengan banyak air bersih dan sabun akan menghilangkan kuman, juga kebersihan kuku dan potong pendek.

  1. Makanan

Memasak makanan sampai mattang untuk membunuh kuman-kuman. Cuci tangan sebelum memasak dan sebelum makan.

  1. Pakaian

Mencuci pakaian secara teratur dengan sabun dan keringkan di sinar matahari.

  1. Tempat tinggal

Penting untuk menaruh sampah di tong sampah yang tertutup, jauh dari rumah, pakai WC untuk buang air besar dan kecil.


Do'stlaringiz bilan baham:


Ma'lumotlar bazasi mualliflik huquqi bilan himoyalangan ©hozir.org 2019
ma'muriyatiga murojaat qiling

    Bosh sahifa